Jika
diperhatikan, gaya HellaFlush tidak terlalu neko-neko, hal ini jelas
bisa di “mainkan” untuk kendaraan daily use, namun yang jika ingin
extreme, HellaFlush turut memberikan pengaruh yang luar biasa.
Latar belakang HellaFlush :
HellaFlush
berawal dari anak muda di Amrik yang suka Modifikasi gaya ceper, hingga
banyak mobil gaya Modifikasi dengan style roda amblas. sekitar tahun
2003, kata “HellaFlush” mulai disebarluaskan. Aliran Modifikasi ini,
mendewakan pelek keluar alias lebih menonjol dari body mobil (offset
pelek keluar). suatu hari, salah seorang penggemar mobil ceper
berteriak, “Dude, that S**T’s HellaFlush” (Flush like Hell – Flush
Parah). Maka makin seringnya, anak muda Amrik menyebut Hell-Flush,
jadilah kata “HellaFlush”. Jika ditilik, gaya modifikasinya banyak
terinspirasi dari VIP Jepang dan Euro style, tapi kata “HellaFlush”
menjadikan aliran Modifikasi ini memiliki selera tersendiri.
Gaya HellaFlush bisa diapilikasikan dengan gaya berbeda-beda :
hella2
1.
Flush: Offset yang pas untuk roda, apabila mobil diceperin tapi tidak
membuatnya terlihat “amblas” (kata populer, pecinta mobil ceper). Biasa
disebut “Daily Drivers”. Jarak ban dan fender hanya 1/2 inch (kurang
lebih seukuran jari). tampilan makin maksimal apabila menggunakan ban
bulat (donat). Gaya ini sangat pas buat drifting, apabila lebih ceper
lagi, bodykitnya akan bersinggungan dengan roda.
hella1
2.
Mexi: Offset pelek lebih keluar (menonjol) hingga “nongol” jauh dari
fender. Gayanya mirip-mirip low rider. Buat Retro mania, gaya Mexi,
cocok banget diaplikasikan. Toyota DX, Mitsubishi Lancer, makin oke
dibikin gaya ini. Ada yang bilang, gaya Mexi awalnya kebanyakan disukai
pencinta Low Rider di USA asal “MEXICAN”, ehm apakah bener?
hella3
3.
Tucked: Terlihat “Nyelup” abis dan pelek ketutupan fender. Mobil-mobil
VIP dan mobil yang pake air-suspension makin mentereng bila pakai gaya
HellaFlush model yang satu ini.
hella4
4. Hella Flush: Offset
pas, super amblas tapi mobil masih bisa jalan. Untuk di Ibukota Jakarta
maupun kota lainnya yang kebanyakan jalan tidak mulus alias bolong dan
berlubang, wah nampaknya gaya yang satu ini sulit dimainkan. Namun untuk
show Modifikasi, hal itu sah-sah saja.
Catatan :
Gaya
“HellaFlush” amat riskan bila tidak menggunakan komponen (part) yang
berkualitas. Gaya ini apabila diaplikasikan dengan benar maka akan
membuat mobil makin mantap bergaya, namun yang lebih penting, gaya ini
harus dipadukan dengan cara membawa mobil yang baik dan aman, sehingga
gaya tidak membuat malapetaka.
Nah, kalau Anda ingin merombak
tampilan mobil agar bisa bergabung dengan sesama komunitas Hellaflush,
ikuti langkah-langkah di bawah ini.
• Velg unik. Cari ukuran velg
yang unik dengan lebar rata-rata. Usahakan dengan offset kecil.
Misalnya 16 x 8 ber-offset 20 mm. Jika dapat velg lebar, maka tampilan
semakin bagus karena lebih mudah dibuat memepet ke sepatbor.
• Velg
3-piece. Konstruksi velg ini bisa diaplikasi, tetapi outer lips diganti
yang lebih celong atau barrel diganti dengan yang lebih lebar.
Contohnya, BBS seri RS, OZ Futura, atau OZ Turbo.
• Ukuran ban unik.
Bila dapat velg 16 x 7, cari ban 165/45/16. Risikonya, tapak ban jadi
kecil. Alternatif lain, bisa pakai ban 19/45/16 atau 195/40/16. Meski
jatuhnya tidak terlalu narik, tapi hasilnya masih enak dilihat.
•
Merek ban. Perhatikan mereknya karena masing-masing mempunyai bentuk
sidewall berbeda-beda. Ada yang mempunyai karakter tak kuat untuk
ditarik.
• Kondisi velg. Bagian ini harus bagus dan tidak ada yang peyang di bagian pinggul agar angin tak keluar.
• Pilih suspensi. Pakai suspensi yang ketinggiannya bisa diatur. Pilihannya, ada suspensi adjustable atau air suspension.
•
Potong per. Hal ini boleh saja dilakukan, hanya kurang praktis dalam
menyetel ketinggian. Walau begitu, memotong per memberikan nilai seni
dan tantangan saat mengerjakannya.
• Sepatbor. Bagian ini wajib
di-roll, malah kalau tega gerinda saja bagian lipatannya karena tak
boleh ada celah antara ban dan sepatbor.
• Camber kit. Ini adalah
anjuran agar ban bisa masuk ke dalam sepatbor. Keuntungan lain, bila
jalan bergelombang, maka ban akan mengayun masuk lebih dalam secara
otomatis.
• Tes. Lakukan tes jalan untuk mendapatkan penyetelan yang pas.
•
Gesekan. Bila terjadi gesekan-gesekan kecil, itu adalah hal yang biasa.
Yang penting, perhatikan fitment (offset, lebar velg, dan ban).
Apa Itu Stance, Hellaflush, JDM dan lain nya ???
21.13 |
Gaya Modifikasi yang satu ini, sedang banyak
diperbincangkan disana-sini. Mulai di bengkel hingga di berbagai forum
maupun milis. trend baru yang nampaknya mendapat sambutan yang cukup
baik di kalangan modifikator tanah air. Mengapa trend Modifikasi
HellaFlush begitu besar mendapat sambutan dari kalangan tuner?
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
3 komentar:
Mas maaf mau tanya saya modifikasi veloz. Menurut penilaian mas jika ukuran velg 17/215/off45 bagaimana? Jarak antara ban dan fender 2 jari.
Terimakasih
Posting Komentar